Home » » 7 Pointers Penjualan yang Penting Sampai Kapanpun

7 Pointers Penjualan yang Penting Sampai Kapanpun

Posted by sugih makmur
Pertamini jakarta, Updated at: 18.30

Posted by sugih makmur on Selasa, 29 April 2014

jual-jokosusilo-comMengenai berjualan, sampai akhir zaman kegiatan ini akan terus berlangsung serta sebab itulah terus meng-improve ilmu penjualan amatlah penting agar usaha yang anda lakukan bisa berjalan lancar.


Berikut ini tips-tips penjualan yang amat penting anda ketahui. 



  1. Prospek. Jika anda mau menjual, anda harus punya prospek. Kepada siapa anda akan menawarkan hal yang ingin anda jual. Makin banyak prospek yang anda miliki, makin baik karena kemungkinan terjadinya penjualan akan semakin besar. Meski begitu, agar lebih efektif, anda harus pilah dan pilih prospek yang potensial. Pastikan mereka yang benar-benar berminat terhadap yang anda tawarkan.

  2. Ngobrol dulu. Ketika anda bertemu dengan prospek, jangan langsung todong untuk membeli produk anda. Tapi tujuan awal adalah agar anda saling mengenal lebih jauh. Dengan begitu anda juga bisa lebih jelas mengetahui apakah dia benar-benar prospek potensial untuk produk yang hendak anda tawarkan. Caranya bagaimana? ya dengan ngobrol.
    Kalau ternyata dia bukan prospek potensial bagaimana pak Joko? Ya anda bisa simpan penawaran anda untuk produk A; tapi anda bisa prospek dia mungkin untuk produk B yang lebih cocok baginya. Dengan ngobrol itu selain anda tahu kebutuhan dan minatnya, anda juga bisa ukur kekuatan daya belinya. Jadi, tak buang waktu untuk memprospek.

  3. Saat memprospek, tugas anda adalah membantu prospek menemukan kebutuhan dan keinginannya. So, fokuskan usaha anda pada hal itu.

  4. Jangan seperti sales. Sekalipun tugas anda menjual, tapi jangan bertingkah seperti kebanyakan sales. Tahu kan kenapa banyak orang bersegera menutup pintu rumah atau pintu pagar ketika ada orang berlagak seperti sales menghampiri rumahnya? Ya, karena banyak orang yang tak suka dengan sales. Apalagi dengan tidak sedikitnya kelakuan sales yang terkadang menyebalkan atau merugikan, itu menambah buruk citra sales di mata masyarakat. So, tak perlu bersikap seperti para sales umumnya. Tapi bersikaplah seperti diri anda sendiri.

  5. Jangan lupa closing. Jangan terlalu keasyikan memprospek tapi kemudian lupa atau lambat meng-closing. Akibatnya bisa fatal. Prospek potensial yang sebetulnya sudah siap membeli dari anda, bisa jadi batal membeli dari anda.

  6. Jaga hubungan. Selalu jaga hubungan dengan prospek anda. Karena pasti banyak teman banyak rejeki.

  7. Minta kontak lain. Ketika misalkan prospek anda tak berhasil untuk di-closing, anda bisa minta dia merekemondasikan orang yang mungkin cocok untuk hal yang anda tawarkan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan prospek tambahan.


Itulah beberapa pointers penjualan yang akan penting sampai kapanpun. Sebab dasar proses penjualan dengan umum tak banyak berubah; yang berubah hanyalah metode atau cara untuk melakukannya.


Salam ACTION!


Share This Post :
 
Copyright © 2015 Pertamini jakarta. All Rights Reserved
pertaminijakarta