Home » » Nokia akan Uji Coba Jaringan 5G

Nokia akan Uji Coba Jaringan 5G

Posted by sugih makmur
Pertamini jakarta, Updated at: 00.59

Posted by sugih makmur on Rabu, 03 September 2014




ilustrasi, sumber: euractiv.com



Nokia masih memiliki unit bisnis perangkat jaringan yang tidak diakuisisi oleh Microsoft. Sebelumnya Nokia Networks adalah perusahaan hasil merger antara Nokia dengan Siemens yang membentuk perusahaan Nokia-Siemens Networks. Per Juli 2014, Nokia kemudian membeli saham Siemens di Nokia-Siemens Network dan sekarang menjadi Nokia Networks.



Nokia Networks mengembangkan switchgear yang digunakan operator seluler untuk mengelola dan mengembangkan jaringan mereka. Pesaing Nokia Networks diantaranya Ericsson, Alcatel-Lucent, dan Huawei. Semua perusahaan-perusahaan ini akan memainkan peran dalam menentukan standar yang akan menjadi generasi kelima dalam komunikasi nirkabel yang disebut 5G.



Nokia diketahui akan membangun jaringan percobaan 5G di Oulu, Finlandia awal tahun depan. Sebagai jaringan tes transfer data berkembang, Nokia juga menyatakan bahwa pihaknya akan berbagi API dengan mitra investastor dan bahkan pesaing. Tujuannya adalah untuk membentuk model kolaboratif baru. Ini merupakan langkah yang baik, karena mungkin hanya akan ada sedikit saja yang kecewa di antara setiap persaingan standar yang mungkin muncul.



Tidak ada informasi mengenai spesifikasi 5G yang dikekambangkan Nokia. Kebanyakan ide yang muncul setidaknya memberikan 1.000 kali dari kapasitas jaringan LTE saat ini, dan data throughput antara 10 dan 100 kali dari tingkat data sekarang ini. Konsumsi energi pasti akan menjadi bagian dari standar, dengan tujuan untuk mengurangi sebanyak 90% konsumsi energi.Diperkirakan juga tingkat latency akan berkurang sekitar lima kali, end-to-end. Itu berarti kecepatan data lebih dari 500Mbps, dan latency di kisaran sub-20-milidetik, mengesankan.



Nokia telah berdiskusi dengan NTT DoCoMo tentang generasi nirkabel berikutnya. Samsung akan bergabung dengan Nokia sebagai bagian dari percobaan 5G DoCoMo di Jepang. Sebagian percaya penyebaran komersial pertama 5G akan diberlakukan pada tahun 2020. (*)



Sumber: FierceWireless via Phonearena

Tagged under: nokia, 5g

Share This Post :
 
Copyright © 2015 Pertamini jakarta. All Rights Reserved
pertaminijakarta