Home » » Ponsel Ciamik, Bikin Selfie Makin Asyik

Ponsel Ciamik, Bikin Selfie Makin Asyik

Posted by sugih makmur
Pertamini jakarta, Updated at: 04.55

Posted by sugih makmur on Rabu, 03 September 2014

Featured


foto: athomewithtech.com



Buat Anda yang gandrung dengan sosialita, foto selfie pasti biasa dilakukan. Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan foto selfie agar terlihat apik, mulai dari membalik ponsel sampai pake tongsis (tongkat narsis). Umumnya foto selfie dilakukan menggunakan kamera depan. Namun kamera depan pada ponsel biasanya tidak sebagus kamera belakang.

Seperti yang Anda tahu, kamera depan ponsel saat ini rata-rata hanya 2 megapiksel yang hasilnya terasa pas-pasan. Belum lagi tidak tersedianya flash LED pada kamera depan. Alhasil kamera depan idaman untuk foto selfie adalah 5 megapiksel keatas. Namun apakah besarnya megapiksel pada kamera depan sudah menjadi persyaratan mutlak. Ataukah sejumlah fitur tambahan pada kamera dapat meningkatkan hasil pemotretan?

Untuk menjawab hal itu, pada edisi ini PULSA akan mengulas perbandingan 5 ponsel buat selfie dengan tingkat harga yang bervariasi. Pilihan kelima ponsel ini didasarkan pada kemampuan kamera depan yang lebih dari 2 megapiksel. Kelima ponsel tersebut adalah IMO Clarity, Huawei Honor 3C, Treq X1, Nubia Z5S Mini dan HTC Desire 816. Berikut uraiannya.

Harga dan Benchmark

Karena ponsel yang dibandingkan dalam range harga yang berbeda-beda, maka harga yang melekat pada ponsel juga perlu dijelaskan. Dari kelima ponsel HTC Desire 816 yang paling mahal dengan banderol Rp. 4,35 juta. Diikuti oleh Nubia Z5S Mini dengan harga Rp.4 juta, IMO Clarity Rp.3,1 juta, Treq X1 dengan Rp.2,65 juta dan termurah Huawei Honor 3C dengan harga Rp.2,2 juta.

Untuk melihat kemampuan dari sebuah ponsel maka dibutuhkan aplikasi benchmark. Untuk kitu digunakan aplikasi Antutu Benchmark X atau disebut juga Antutu versi 5 (Beta). Kelima ponsel dibenchmark menggunakan aplikasi ini. Hasil benchmark membuktikan kalau IMO Clarity menempati peringkat pertama dengan nilai 28153 disusul HTC Desire (21161), Nubia Z5S Mini (19118), Huawei Honor 3C (17849) dan Treq X1 (14748).











Kamera Selfie dan Fitur Pendukung

Membandingkan kemampuan kamera depan disertai pengaturan dan fitur kamera yang dimiliki seperti dukungan geo-tag dan NFC. Untuk lebih membedakan, diuraikan juga fitur edit foto yang disertakan ponsel ini.

IMO Clarity





Kamera depan ponsel ini sebesar 5 megapixel dengan resolusi 2560 x 1920 piksel. Pengaturan umum pemotretan di IMO Clarity terdiri dari exposure, color effect, scene mode, white balance, image properties, anti-flicker. Sedangkan untuk setting kamera terdiri dari voice capture, face detection, smile shot, HDR, auto scene detection, self timer, continuous shot, picture size, preview size, ISO, face beauty.







Hasil foto dapat diedit dengan empat fitur utama yaitu komparasi warna, bingkai, crop edit (straighten, crop,  rotate, mirror) dan edit pencahayaan (auto color, exposure, vignette, contrast, shadows, sharpness, curves, hue, saturation, BW filter). Untuk sharing tersedia Bluetooth, Facebook, Picasa, Messaging, BBM, email, Gmail, Path, WhatsApp dan Flipboard.







Huawei Honor 3C





Kamera depan ponsel ini sebesar 4,9 megapixel dengan resolusi 2560 x 1920 piksel. Pengaturan kamera pada ponsel ini terdiri dari tangkap senyum, sentuh untuk tangkap, banyak, ukuran gambar, penghitung waktu, mode adegan, ISO, keseimbangan putih dan penyesuaian gambar. Untuk pengaturan lainnya terdiri dari tag GPS dan anti banding.

Saat pengambilan foto tersedia juga pengaturan kecantikan berupa slider nilai dari 0 hingga 10. Pada layar Anda dapat menemukan mode pengambilan gambar, percantik efek dan catatan audio. Untuk sharing, ponsel ini hanya menyediakan Hangouts, Picasa, Pesan, Bluetooth, Foto, Google+, MMS dan email. Sedangkan bila mengedit hasil foto tersedia edit, putar kiri, putar kanan, slide show, atur sebagai, rincian dan pengaturan.







Seperti halnya IMO Clarity, untuk edit, ponsel ini menyediakan empat fitur utama yaitu komparasi warna, bingkai, crop edit (straighten, crop, rotate, mirror) dan edit pencahayaan (auto color, exposure, vignette, contrast, shadows, sharpness, curves, hue, saturation, BW filter).







Treq X1





Ponsel satu ini memiliki kamera depan terbesar dibanding ponsel lainnya yaitu 8 megapiksel dengan resolusi 3264 x 3072 piksel. Pengaturan kamera pada ponsel ini terdiri dari tangkap senyum, sentuh untuk tangkap, banyak, ukuran gambar, penghitung waktu, mode adegan, ISO, keseimbangan putih dan penyesuaian gambar. Untuk pengaturan lainnya terdiri dari tag GPS dan anti banding.







Pada layar Anda dapat menemukan mode pengambilan gambar, percantik efek dan catatan audio. Untuk sharing, ponsel ini hanya menyediakan Picasa, Messaging, Bluetooth, Email, Gmail dan BBM. Sedangkan bila mengedit hasil foto tersedia edit, putar kiri, putar kanan, slide show, atur sebagai, rincian dan pengaturan.

Seperti halnya IMO Clarity, untuk edit, ponsel ini menyediakan empat fitur utama yaitu komparasi warna, bingkai, crop edit (straighten, crop, rotate, mirror) dan edit pencahayaan (auto color, exposure, vignette, contrast, shadows, sharpness, curves, hue, saturation, BW filter).







Nubia Z5S Mini





Kamera depan ponsel ini sebesar 5 megapixel dengan resolusi 2592 x 1944 piksel. Saat pengambilan foto hanya tersedia 5 pilihan pengaturan yaitu untuk mode foto, HDR, Geo-tag, flash dan pengaturan (wavelet denoise mode dan shutter sound).







Ponsel ini tidak menyediakan fitur edit  foto secara langsung. Namun Anda dapat memiliki aplikasi edit foto dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Sedangkan untuk sharing tersedia pilihan Google+, Bluetooth, Picasa, Messaging, Hangouts, Email, Gmail, Drive, BBM, BBM Groups, Snapseed, Path, WhatsApp dan Facebook.





HTC Desire 816





Kamera depan ponsel ini sebesar 4,9 megapixel dengan resolusi 2560 x 1920 piksel. Pengaturan kamera pada ponsel sedikit berbeda dibanding ponsel lain karena membagi kepada 3 kategori yaitu kamera belakang, video dan selfie. Artinya ponsel ini mengkhususkan mode selfie dalam pemotretan.







Banyak sekali pengaturan yang tersedia mulai dari mode crop foto (wide, regular dan square) hingga resolution (large, medium dan small). Edit foto juga menyediakan fitur yang berbeda dibanding ponsel lain. Tersedia fitur editing dengan icon yang mudah dipahami seperti skin smoothing, lighting, face contour, eye enhancer, red eye remover, eye brighten dan anti shine. Sedangkan fitur editing itu sendiri masih ditambah 4 kategori editing yaitu effects (draw, rotate, crop, flip dan straighten), filters, frames dan tools.







Hasil Pemotretan Kamera Depan





IMO Clarity dengan kamera depan 5 megapiksel didapat hasil 3264 x 2448 piksel dengan 72 dpi, f/2.4, exposure time 1/10 sec dan ISO speed 278. Tidak didapat keterangan model kamera yang digunakan.





Huawei Honor 3C dengan kamera depan 4,9 megapiksel didapat hasil 2560 x 1920 piksel dengan 72 dpi, f/2.4, exposure time 1/9 sec dan ISO speed 202. Kamera yang digunakan Huawei H30-U10.





Treq X1 dengan kamera depan 8 megapiksel didapat hasil 3264 x 2448 piksel dengan 72 dpi, f/2.2, exposure time 1/5 sec dan ISO speed 297. Tidak didapat informasi tentang kamera yang digunakan.





Nubia Z5S Mini dengan kamera depan 5 megapiksel didapat hasil 2592 x 1944 piksel dengan 72 dpi, tanpa exposure time (bias) dan ISO speed 400. Kamera yang digunakan tertera Nubia NX403A.





HTC Desire 816 dengan kamera depan 4,9 megapiksel didapat hasil 2560 x 1440 piksel dengan 72 dpi, f/2.8, exposure time 1/9 sec dan ISO speed 2500. Kamera yang digunakan jelas tertulis HTC Desire 816 dual sim.

Dari kelima ponsel hasil piksel tertinggi dimiliki IMO Clarity (5 megapiksel) dan Treq X1 (8 megapiksel) yaitu 3264 x 2448 piksel meskipun keduanya memiliki kamera depan yang berbeda. Huawei Honor 3C (2560 x 1920 piksel) lebih unggul dibanding HTC Desire 816 (2560 x 1440 piksel) meskipun sama-sama 4,9 megapiksel. Sedangkan Nubia Z5S Mini yang memiliki 5 megapiksel didapat hasil resolusi 2592 x 1944 piksel. IMO Clarity dan Treq X1 sama-sama tidak diketahui camera maker dan model yang digunakan.

Kesimpulan

Resolusi kamera depan Treq X1 termasuk yang terbesar, namun besaran piksel yang dihasilkan sama dengan yang dimiliki IMO Clarity. Huawei Honor 3C memiliki output resolusi lebih besar dibanding HTC Desire 816. Untuk mode dan pengaturan selfie, Nubia Z5S Mini paling miskin fitur sedangkan HTC desire terbaik untuk mode dan pengaturan selfie. Untuk sharing hasil foto bisa beragam karena Anda dapat menambahkan beragam aplikasi untuk berbagi di dunia sosialita. Sementara untuk kualitas foto kamera depan, HTC Desire 816 menempatkan diri sebagai yang terbaik, disusul oleh Treq X1. (AldrinSymu)

Tagged under: android, smartphone, selfie

Share This Post :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Pertamini jakarta. All Rights Reserved
pertaminijakarta